Belajar sebelum masuk kelas atau
sebelum pelajaran merupakan hal yang sulit kita lakukan, kita akan belajar
apabila kita dalam keadaan yang terdesak atau tertentu saja seperti mengerjakan
tugas, ujian, quiz dan lain-lain. Tidak bisa dipungkiri hal tersebut sudah
menjadi budaya di sekitar kita, tanpa dorongan atau keadaan tersebut kita pasti
malas belajar. Apalagi untuk kegiatan latihan PMR yang notabene hanya sebagai
ekstra kulikuler, mungkin banyak siswa yang meremehkan belajar sebelum kegiatan
ini. Mereka hanya menganggap ekstra itu sekedar tambahan dan kurang serius
dalam kegiatannya. Naaa… berdasarkan fenomena di atas mungkin salah satu
permainan ini dapat membantu kita agar
siswa atau anggota PMR bisa belajar dan materi yang telah kita sampaikan bisa terserap dengan baik. Berikut permainan Ujian lima menit saja :
siswa atau anggota PMR bisa belajar dan materi yang telah kita sampaikan bisa terserap dengan baik. Berikut permainan Ujian lima menit saja :
Jumlah peserta : Bebas (biasanya hanya 1 kelas)
Alat dan bahan : lembar ujian 5 menit dan alat tulis
untuk masing2 peserta
Aturan bermain ;
1.
instruktur menyiapkan lembar tes lima menit yang dicopy sejumlah peserta.
2.
peserta diberi waktu lagi 5 menit untuk belajar singkat.
3.
isilah tes lima menit yang berisi 10 perintah berurutan dengan isinya sebagai
berikut:
1)
Sebelum mengerjakan semua soal di
bawah ini bacalah dahulu perintah yang ada.
2)
Tulis nama, kelas, dan nomor urut
(bila ada), serta tanda tangan di sebelah pojok kanan atas.
3)
Apa kepanjangan dari PMR?
4)
Tulislah makanan kesukaanmu !
5)
Tulislah kelebihan dan kelemahan yang
ada pada dirimu !
6)
Siapa nama teman yang paling kamu
sukai ?
7)
Tulis kritik dan saran untuk pelatih
PMR selama melatih !
8)
Berteriaklah “HORE” bila sudah
mengerjakan nomer 7.
9)
Lipatlah kertas ini menjadi lipatan
kecil.
10) Setelah membaca semua nomor, kerjakan nomer 2
saja.
Selesai….
4.
bagilah kertas ujian dalam keadaan tertutup. Sebelum memulai informasikan
kepada peserta untuk teliti dalam mengerjakan soal, tidak boleh contoan,
nyontek dll. Serta tekankan bahwa waktu mengerjakan hanya 5 menit saja.
5.
buat suasana menjadi tegang dengan terus mengulang-ulang batas waktu.
6.
Peserta yang teliti akan mengerjakan soal yang nomer 2 saja, sedangkan peserta
yang terburu baru akan sadar saat membaca perintah yang terakhir.
7.
setelah 5 menit tanyakan siapa saja peserta yang salah melakukan perintah dan
siapa yang benar. Jika semua benar beri mereka motivasi bahwa mereka semua
memiliki konsentrasi dan ketelitian yang baik.
8.
ajak seluruh peserta diskusi tentang makna yang terkandung dalam permainan ini.
Makna permainan secara garis besar adalah biasanya ketika kita menerima
informasi dalam situasi terburu-buru (seperti ada kecelakaaan, dll) kita tidak
bisa mencerna informasi tersebut terlebih dahulu, tetapi langsung melakukannya.
Padahal kita dituntut untuk tetap bisa teliti dan mengontrol diri saat kondisi
genting sekalipun.
9.
permainan dapat dilanjutkan dengan ujian yang sebenarnya agar peserta tidak
kecewa karena mereka telah capek belajar.
10
selamat mencoba dan lebih dikembangkan permainan ini.
Sumber : Hamt_Int / KSR-PMI UIN MALIKI MALANG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar