;

Rabu, 25 September 2013

PERMAINAN UJIAN 5 MENIT SAJA

 


Belajar sebelum masuk kelas atau sebelum pelajaran merupakan hal yang sulit kita lakukan, kita akan belajar apabila kita dalam keadaan yang terdesak atau tertentu saja seperti mengerjakan tugas, ujian, quiz dan lain-lain. Tidak bisa dipungkiri hal tersebut sudah menjadi budaya di sekitar kita, tanpa dorongan atau keadaan tersebut kita pasti malas belajar. Apalagi untuk kegiatan latihan PMR yang notabene hanya sebagai ekstra kulikuler, mungkin banyak siswa yang meremehkan belajar sebelum kegiatan ini. Mereka hanya menganggap ekstra itu sekedar tambahan dan kurang serius dalam kegiatannya. Naaa… berdasarkan fenomena di atas mungkin salah satu permainan ini dapat membantu kita agar
siswa atau anggota PMR bisa belajar dan materi yang telah kita sampaikan bisa terserap dengan baik. Berikut permainan Ujian lima menit saja :
Jumlah peserta      : Bebas (biasanya hanya 1 kelas)
Alat dan bahan       : lembar ujian 5 menit dan alat tulis untuk masing2 peserta
Aturan bermain      ;
1. instruktur menyiapkan lembar tes lima menit yang dicopy sejumlah peserta.
2. peserta diberi waktu lagi 5 menit untuk belajar singkat.
3. isilah tes lima menit yang berisi 10 perintah berurutan dengan isinya sebagai berikut:
1)    Sebelum mengerjakan semua soal di bawah ini bacalah dahulu perintah yang ada.
2)    Tulis nama, kelas, dan nomor urut (bila ada), serta tanda tangan di sebelah pojok kanan atas.
3)    Apa kepanjangan dari PMR?
4)    Tulislah makanan kesukaanmu !
5)    Tulislah kelebihan dan kelemahan yang ada pada dirimu !
6)    Siapa nama teman yang paling kamu sukai ?
7)    Tulis kritik dan saran untuk pelatih PMR selama melatih !
8)    Berteriaklah “HORE” bila sudah mengerjakan nomer 7.
9)    Lipatlah kertas ini menjadi lipatan kecil.
10)  Setelah membaca semua nomor, kerjakan nomer 2 saja.
Selesai….
4. bagilah kertas ujian dalam keadaan tertutup. Sebelum memulai informasikan kepada peserta untuk teliti dalam mengerjakan soal, tidak boleh contoan, nyontek dll. Serta tekankan bahwa waktu mengerjakan hanya 5 menit saja.
5. buat suasana menjadi tegang dengan terus mengulang-ulang batas waktu.
6. Peserta yang teliti akan mengerjakan soal yang nomer 2 saja, sedangkan peserta yang terburu baru akan sadar saat membaca perintah yang terakhir.
7. setelah 5 menit tanyakan siapa saja peserta yang salah melakukan perintah dan siapa yang benar. Jika semua benar beri mereka motivasi bahwa mereka semua memiliki konsentrasi dan ketelitian yang baik.
8. ajak seluruh peserta diskusi tentang makna yang terkandung dalam permainan ini. Makna permainan secara garis besar adalah biasanya ketika kita menerima informasi dalam situasi terburu-buru (seperti ada kecelakaaan, dll) kita tidak bisa mencerna informasi tersebut terlebih dahulu, tetapi langsung melakukannya. Padahal kita dituntut untuk tetap bisa teliti dan mengontrol diri saat kondisi genting sekalipun.
9. permainan dapat dilanjutkan dengan ujian yang sebenarnya agar peserta tidak kecewa karena mereka telah capek belajar.
10 selamat mencoba dan lebih dikembangkan permainan ini.




Sumber : Hamt_Int / KSR-PMI UIN MALIKI MALANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar